Bumi

Di Bumi ini, Allah SWT telah menumbuhkan berbagai fasilitas kenikmatan hidup yang maha luas tak terbatas, mulai dari berbagai makanan dari tumbuh-tumbuhan yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran segar nan menyehatkan yang beraneka macam dan jenisnya, beraneka biji-bijian, kacang-kacangan, umbi-umbian dan  rempah-rempah yang menyehatkan dan menguatkan, tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat untuk membuat berbagai peralatan dan perabotan rumah tangga, untuk keperluan bahan bangunan, untuk keperluan membuat perahu, kapal dan bak kendaraan truk, dan berbagai keperluan dan manfaat lainnya yang menggunakan bahan dasar kayu dari berbagai jenis pepohonan.

Berbagai jenis binatang yang bisa dimanfaatkan dagingnya untuk makanan, kulitnya untuk keperluan aksesoris dan pakaian, dimanfaatkan tenaganya, keindahan suaranya, keindahan bentuk fisiknya, untuk hiburan dan teman bermain, diambil lemak dan susunya, diambil bulunya dan berbagai keperluan lainnya yang bisa dimanfaatkan dari binatang.

Berbagai jenis bahan tambang seperti batu bara, minyak, bensin, solar, bensol, gas bumi, panas bumi, tambang biji besi, kuningan, timah, tembaga, emas, platinum, uranium, berbagai jenis batu-batuan seperti batu permata, akik, batu mulia seperti intan dan berlian. Dan berbagai jenis manfaat yang bisa diambil dari dalam bumi.

Beraneka ragam, corak dan warna-warni pemandangan yang indah, seperti sungai-sungai yang mengalir air yang jernih, danau-danau, telaga-telaga, sawah ladang, hutan belantara, pegunungan dan lautan yang maha luas yang menyimpan berbagai macam jenis kekayaan hayati dan alami. Air yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk minum, memasak, mandi, mencuci, menyiram tanaman, memelihara binatang, pembangkit listrik dan berbagai manfaat lainnya dari air. Api yang menghangatkan, membakar,  memasak dan berbagai keperluan yang lainnya.

Udara segar sebagai napas kehidupan manusia, yang masuk ke rongga-rongga tubuh manusia, sebagai napas dari seluruh sel yang ada di dalam tubuh, udara atau angin sebagai pembangkit listrik, sebagai penggerak perahu layar dan berbagai manfaat udara lainnya yang didapatkannya secara gratis dan tanpa batas. Awan yang menggantung di langit sebagai keteduhan, kesejukan dan air hujan yang membasahi bumi secara otomatis tanpa harus diperintah atau digerakkan oleh manusia, juga petir halilintar yang menggelegar sebagai energi yang membangkitkan jiwa raga manusia.

Cahaya matahari yang menghangatkan tubuh, mengeringkan segala yang perlu untuk dikeringkan, menerangi bumi, memberikan semangat pada manusia, cahaya rembulan yang sejuk dan indah, menciptakan suasana romantis dan kedamaian, begitu pun dengan bintang-bintang, planet-planet dan galaksi yang bergemerlap di langit yang sangat indah menawan.

Dan berbagai fasilitas yang lainnya yang terhampar luas di bumi alam semesta raya ini, yang seluruhnya adalah anugerah kenikmatan hidup dari Allah SWT yang harus kita syukuri, yaitu dengan cara kita menjaga, merawat, mengelola, mengolah dan mengembangkannya menjadi fasilitas kehidupan surga  bersama seluruh warga masyarakat bumi. Bukan malah dirusak,  dihancurkan dan hendak dikiamatkan oleh keyakinan manusia yang diberikan amanat menjadi kholifah atas bumi ini.

Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: